Plt. Danramil 04/HB Hadiri Acara Marria Raja di Desa Boho


SITANGGANG.net

SAMOSIR - Plt Danramil koramil 04/HB Serka DHP Sihotang didampingi Serda Riduan Pagan dan Kopda Manik ikut menghadiri acara Marria Raja di Desa Boho, Kamis (25/11).

Kehadirian TNI dalam acara tersebut sekaligus untuk memonitoring pelaksanaan Adat Istiadat di rumah duka almarhum Nurti br Naibaho (Op.Abetnego br Naibaho) orangtua dari Antonius Sihole bersama Kasipemdes  Boho dan BPD Boho.

"Kegiatan ini merupakan pelaksanaan adat Marria Raja dalam rangka persiapan pelaksanaan acara Adat Gondang Saur Matua besok hari Jum'at 26-11-2021. Kegiatan dilaksanakan di Dusun 2 Pardugul Desa Boho Kecamatan Sianjur Mula-mula," kata Serka DHP Sihotang.

Dia menjelaskan, Marria Raja adalah kegiatan bermusyawarah atau berdiskusi mengenai adat yang akan digunakan dalam proses pemakaman orang yang sudah meninggal. Dalam hal ini diundang dongan tubu (pihak ayah), hula-hula (pihak ibu), parboru (pihak anak merempuan), dan Paranak (pihak anak laki-laki).

"Karena acara ini Gondang Saur Matua, kami dari TNI juga mengimbau dan menekankan agar tetap mematuhi Protokol Kesehatan selama pelaksanaan acara adat istiadat besok," katanya.

Dengan mematuhi Prokes kata dia, diharapkan ke depan tidak ada muncul kasus baru. "Mari tetap saling menjaga. Di setiap pintu masuk kita minta agar dibuat tempat cuci tangan dan tetap menyediakan masker di lokasi agar nantinya dapat diberikan kepada tamu yang tak menggunakan masker," katanya.

Dengan demikian lanjut dia, acara nantinya semoga dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada gangguan. (BP)
Lebih baru Lebih lama