Melakukan Kebaikan Bagi Semua Orang

Donor darah, salah satu perbuatan baik | ilustrasi


SITANGGANG.net

“Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan; lakukanlah apa yang baik bagi semua orang!”

Banyak bentuk kejahatan yang muncul di tengah-tengah aktifitas dan hidup keseharian kita; baik di lingkungan keluarga, lingkungan kerja maupun lingkungan bermasyarakat. 

Tanpa kita sadari pengaruh lingkungan bisa saja membuat kita ber-perilaku yang sama dalam menyikap segala yang terjadi. 

Mengantisipasi kondisi tersebut, kita kembali diingatkan untuk tetap menjaga sikap dan kualitas hidup orang-orang Kristen supaya tidak serupa dengan orang-orang yang belum mengenal Kristus. 

Tidak membalas kejahatan dengan kejahatan adalah bukti sikap yang semakin bertumbuh dan semakin kuat dalam kasih kepada Tuhan dan bagi sesama (2Tes.1:3), semakin melimpah dalam kasih (Fil.1:9;1Tes.3:12), sehingga mampu mengampuni dan memberi bagi orang lain. 

Kita harus terus-menerus melatih sikap hidup kita agar bertumbuh dan semakin dewasa dalam kerohanian menuju kepada kesempurnaan Kristus. 

Tanda yang tampak pada orang Kristen yang sudah bertumbuh dewasa adalah menghasilkan atau memberi buah (Gal. 5:22-23) dan buah dalam pelayanan (Yoh.4:36;Roma 1:13). 

Sehingga sikap orang Kristen dewasa akan bersedia menerima tanggungjawab dalam pelayanan untuk saling melayani; baik di dalam jemaat dan kepada semua orang (masyarakat). 

Contoh sederhana yang bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari adalah sapaan dan sentuhan yang penuh kasih dalam setiap interaksi kita di dalam keluarga, gereja dan berjemaat. 

Sikap seperti itulah yang pertama kali tampak dan menjadi dasar dalam sikap yang bertumbuh di dalam kebenaran dan kasih Kristus. 

Sudahkah tanda itu hidup dan kita lakukan di tengah-tengah keluarga, jemaat dan lingkungan kita? Marilah kita melakukannya, dengan demikianlah kita telah menunjukkan kebaikan dalam setiap kasih yang memotivasi kita. Amen

Selamat beraktivitas

Jangan Abai Protokol Kesehatan

Tuhan Yesus memberkati

Pdt. Anggiat Saut Simanullang
Sumber: https://hkbpaekkanopan.or.id/
Lebih baru Lebih lama