Banjir Landa Pekalongan, Ribuan Warga Diungsikan

Banjir di Pekalongan
SITANGGANG.net

Curah hujan yang cukup tinggi sejak Sabtu (25/01/2020) sore hingga malam hari, membuat Kota Pekalongan banjir bahkan hampir setinggi 2 meter. Akibatnya ribuan warga terpaksa diungsikan.

Informasi yang dihimpun, Kecamatan Pekalongan Utara dan Kecamatan Pekalongan Timur terendam air dengan ketinggian 30 cm hingga 1 meter. Sementara, di Kota Pekalongan air telah memasuki rumah warga sejak Sabtu malam. 

Salah seorang warga mengungkapkan, air sudah masuk sejak pukul 21.00 wib. "Selain karena hujan yang lama, juga akibat limpahan air dari sungai, sehingga air masuk ke rumah," ujar warga.

Sampai saat ini, Minggu (26/1/2020) pukul 08.25 WIB, genangan air masih cukup tinggi. Di Sampangan, misalnya, ketinggian genangan sampai 1 meter, dari sebelumnya yang hampir dua mater.

"Kondisinya seperti ini, sudah surut hanya saparoh, bila dibandingkan semalam yang sampai dua meter," kata Sukarno (51) warga Sampangan, RT 03/RW 04, Kauman mengutip detik.

Kepala BPBD Kota Pekalongan, Samintha, memastikan bahwa untuk kondisi terkini, sebagian besar telah surut. "Pantauan tadi pagi, sebagian besar sudah mulai surut, hanya saja memang ada dua lokasi yang masih tergenang, yakni Sampangan dan Bugisan," ucapnya.

Warga diungsikan ke beberapa titik pengungsian diantaranya Gedung Eks Kelurahan Sampangan, PMI Kota Pekalongan, Kelurahan Kalibaros, dan SPBU Baros. Hingga menjelang subuh air masih merendam di dua wilayah setempat.

"Jumlah total yang mengungsi 1500 jiwa, tercatat hingga pagi. Semalam distribusi logistik telah dilakukan, pagi ini masih berlangsung," ujar Sasmitha.

Selain memenuhi kebutuhan makan dan minum, pihaknya juga tengah memenuhi kebutuhan balita, seperti minyak penghangat dan popok sekali pakai. "Masih Kita lakukan pendataan soal kebutuhan itu," imbuhnya.

Wakil Wali Kota Pekalongan, Aaf Ahmad Afzan Arslan Djunaid mengatakan, pihaknya sendiri telah menyiapkan beberapa titik pengungsian dan logistik terkiat banjir yang terjadi di Kota Pekalongan.

"Tim dari semalam sudah melakukan upaya evakusi warga ke titik pengungsian. Logistik untuk pengungsian sudah dikirim melalui BPBD," terangnya. (dtc/S)
Lebih baru Lebih lama