Bank Dunia Setuju Bantu Ukraina Sebesar $723 Juta

Orang-orang berlutut dan bertepuk tangan saat warga Ukraina membawa potret tentara yang gugur selama Pawai Pembela Ukraina, sebuah acara yang merayakan Hari Kemerdekaan Ukraina di Kyiv pada 24 Agustus 2020.

SITANGGANG.net

Bank Dunia menyatakan dewannya menyetujui paket pinjaman dan jaminan untuk Ukraina sebesar $723 juta.

"Dana itu akan membantu pemerintah Ukraina membayar layanan pemerintah, termasuk upah pekerja rumah sakit, pensiun untuk orang tua, dan program sosial untuk yang rentan," sebut bank itu dalam sebuah pernyataan, Senin (07/03) sebagaimana mengutip Reuters.

Bank mengatakan sedang mempersiapkan tambahan $3 miliar untuk mendukung Ukraina dan negara-negara tetangga, yang telah menampung lebih dari 1,7 juta pengungsi sejak invasi Rusia dimulai.

"Kelompok Bank Dunia mengambil tindakan cepat untuk mendukung Ukraina dan rakyatnya dalam menghadapi kekerasan dan gangguan ekstrim yang disebabkan oleh invasi Rusia," kata Presiden Bank Dunia David Malpass dalam sebuah pernyataan. 

“Kelompok Bank Dunia berdiri bersama rakyat Ukraina dan kawasan. Ini adalah langkah pertama dari banyak langkah yang kami ambil untuk membantu," tambahnya.

Pendanaan yang diumumkan pada hari Senin termasuk $350 juta dalam bentuk pinjaman tambahan, bersama dengan jaminan sebesar $139 juta dari Belanda dan Swedia, kata bank tersebut. 

"Pembiayaan hibah sebesar $134 juta akan datang dari Inggris, Denmark, Latvia, Lithuania dan Islandia. Jepang menyediakan $ 100 juta dalam pembiayaan tambahan," jelas pihak bank. (*)
Lebih baru Lebih lama