Kader Pospindu PTM Pasar Pangururan Cek Kesehatan Warga

Periksa kesehatan warga di Tanah Lapang Pangururan.

SITANGGANG.net

Bidan bersama Kader Posyandu Pasar Pangururan melaksanakan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada warga Pasar Pangururan di Tanah Lapang Pangururan, Sabtu (15/05).

Pemeriksaan kesehatan ini merupakan bagian dari program Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (POSBINDU-PTM) yang bertujuan melakukan monitoring dan deteksi dini faktor resiko PTM terintegrasi.

Pemeriksaan yang dilakukan diantaranya pemeriksaan kadar gula darah, tensi, kolesterol, pengukuran berat badan dan juga konseling kesehatan kepada warga yang diperiksa.

Melansir Kabar Center, Bidan Kelurahan Pasar Pangururan Imelda Sagala mengatakan, pemeriksaan dilakukan secara rutin dan berkala. "Khusus untuk lansia, setiap Sabtu diadakan pemeriksaan kesehatan sekaligus melakukan senam lansia di Pos Posyandu. Senam bertujuan agar para lansia tetap sehat dan bugar," ungkapnya.

Kegiatan ini rutin dilakukan dengan sasaran Kelompok Masyarakat Sehat, Berisiko dan Penyandang PTM yang berusia 15 tahun ke atas. Pada orang sehat agar faktor resiko tetap terjaga dalam kondisi normal.

Amatan di lokasi, warga cukup gembira dan antusias mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan itu pun dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan. 

Menurut warga, dengan adanya pemeriksaan tersebut, warga dapat mengetahui kondisi kesehatan mereka.

"Dengan begitu, kita tahu bagaimana menjaga agar tubuh tetap sehat. Misalnya, gula darah atau kolesterol naik, maka kita diberi arahan oleh petugas kesehatan untuk menjaga agar tidak bertambah naik dan menjadi normal. Misalnya dengan menjaga pola makan," ujar Pak Icha Sitanggang.

Warga lainnya, Naibaho juga menyampaikan terimakasih atas pemeriksaan kesehatan secara berkala tersebut. "Kita sangat berterimakasih. Semoga kegiatan ini terus dilakukan agar kita tetap tahu kondisi kesehatan kita dan bisa mawas diri," katanya. (MS)
Lebih baru Lebih lama