Video Temukan Cintamu di Festival Gondang Naposo dengan Manortor

Sitanggang Pos - Samosir

Menari dengan manortor adalah salah satu seni budaya yang sudah melekat sejak dahulu di kalangan orang batak. Dulu, manortor kerap dikaitkan dengan dunia roh. Tapi saat ini, tortor sudah menjadi budaya yang disesuaikan dengan kondisi lapangan.

Kondisi itu tergantung kegiatan adat yang dilaksanakan. Misalnya, adat pesta pernikahan, atau barangkali dalam adat pesta meninggal dunia. Bisa jadi, jenis tortor yang digunakan berbeda. 

Kabupaten Samosir, dalam kurun waktu satu bulan ini tengah menunjukkan seni budaya manortor. Seperti diketahui, dalam menyambut obor paskah, tarian tortor digunakan secara sejajar dan berhadapan sepanjang 4,2 Km.

Sambutan tarian tortor itu pun memecahkan rekor MURI karena dianggap baru pertama kali terjadi, unik dan masuk tingkatan paling.

Selain itu, Pemkab Samosir juga mengadakan perhelatan Festival Gondang Naposo dengan tema "temukan cintamu". Dalam kegiatan itu juga menari manortor menjadi sesuatu yang paling dominan.

Seperti diketahui, menari tortor ada beberapa jenis, seperti tortor pangurason, tortor sipitu cawan dan juga tortor tunggal panaluan. 

Disinilah mungkin letak kelebihan festival gondang naposo tersebut, adanya kombinasi dari ketiga tarian tortor itu digunakan untuk mencari cinta dalam komunitas mudamudi yang berlangsung.  

Saksikan video menari tortor dalam Festival Gondang Naposo dengan tema "temukan cintamu"

loading...
Share on Google Plus

Tentang Marcopolo Sitanggang

Sitanggang merupakan Situs Berita Online seputar Tapanuli dan sekitarnya yang menyuguhkan informasi dengan gaya tersendiri
    Komentar