Kelompok Tani Di Samosir Terima Bantuan Alsintan

Sumber foto: Humas Samosir 
Sitanggang Pos - Samosir

Kelompok Tani di Kabupaten Samosir menerima sejumlah alat dan mesin pertanian (Alsintan) dari Kementerian Pertanian RI Ditjen Tanaman Holtikultura, Rabu (20/12/217) di halaman Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Samosir.

Penyerahan alsintan itu secara langsung diberikan Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon. Beberapa alsintan yang diberikan diantaranya adalah Hand Sprayer sebanyak 50 unit, Cultivator sebanyak 2 Unit, Pompa Air sebanyak 8 Unit yang bersumber DIPA APBN-P TA. 2017.


Selain alsintan, kelompok tani juga menerima bibit kedelai yang diperuntukan di lahan seluas 147 Ha.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM menyampaikan masing-masing kelompok penerima agar mempergunakannya seefisien mungkin. "Untuk mengelola dengan serius berdasarkan azas kebersamaan," kata Rapidin.

Rapidin mengakui jika alsintan tersebut belum seberapa sesuai dengan visi Kabupaten Samosir yang berbasis Pertanian dan Pariwisata. Untuk itu dirinya meminta kelompok tani agar mengusulkan kebutuhan alat pertanian pada musrembang yang akan datang, sehingga dapat meningkatkan produktifitas pertanian di Kabupaten Samosir.

Di tempat yang sama, Kadis Pertanian Drh. Erkanus Simbolon, mengatakan, selama tahun anggaran. 2017, Kementerian Pertanian Republik Indonesia telah mengalokasikan alsintan di Kabupaten Samosir antara lain Traktor Roda Dua sebanyak 160 Unit, Corn Sheller 44 Unit, Pompa Air 77 Unit, Rice Transplanter 13 Unit, Combine Harvester 6 Unit dan Power Tresher 24 Unit. (Hms/S-01)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Sitanggang

Sitanggang merupakan Situs Berita Online seputar Tapanuli dan sekitarnya yang menyuguhkan informasi dengan gaya tersendiri
    Facebook Comment