Harian Analisa Bersama Dinas Pendidikan Samosir Gelar Lomba Menulis


Sitanggang.net

Pangururan Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir bersama Harian Analisa Perwakilan Kabupaten Samosir menggelar lomba tulis dengan mengusung tema tentang cara memajukan pendidikan di Samosir dan bagaimana Samosir menyambut Monaco of Asia. 

Ketua Panitia, Franzul M Sianturi, SE didampingi Sekretaris Saut M Manihuruk, Mpd Senin (23/5) menjelaskan, adapun para peserta yang ikut lomba yakni, guru yang aktif mengajar di sekolah negeri maupun swasta yang dibuktikan dengan surat aktif bertugas yang dikeluarkan oleh sekolah. Kemudian, siswa SMP dan SMA yang aktif dibuktikan oleh surat keterangan yang dikeluarkan oleh sekolah. 

"Kegiatan ini merupakan kegiatan untuk menjaring ide-ide tentang pendidikan dan kepariwisataan di Kabupaten Samosir. Dengan ruang lingkup guru dan siswa tentang cara memajukan pendidikan dan kepariwisataan di Kabupaten Samosir," ujar Franzul. 

Lebih lanjut, karya tulis yang dihasilkan oleh guru harus menyangkut cara memajukan pendidikan Kabupaten Samosir sekaligus dalam rangka purna bakti Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir, Drs. Marulak Malau, M.Si. 

Serta, karya tulis yang dihasilkan oleh siswa dengan tema Samosir menjadi Destinasi Wisata Internasional atau Monaco of Asia harus karya asli, tidak dibenarkan mengcopy paste atau menjiplak karya orang lain. 

"Harian Analisa Perwakilan Samosir juga mempunyai tanggung jawab moral sebagai media yang mencerdaskan kehidupan warga Samosir melalui berita-berita yang disajikannya. Realisasi tanggung jawab ini diterjemahkan dengan mengadakan kerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir dengan penyelenggaraan lomba wacana tulis di kalangan guru dan siswa. Oleh karena itu, ide dasarnya untuk melihat seberapa baik kemampuan berwacana tulis di kalangan guru dan siswa dengan topik memajukan pendidikan dan Samosir menuju Monaco of Asia," tambahnya. 

Sekretaris Saut M Manihuruk, Mpd juga menegaskan, lomba ini juga merupakan penjaringan ide-ide praktis dari para guru dan siswa tentang menyikapi pendidikan dan kepariwisataan di Samosir untuk kemudian dipublikasikan kepada umum untuk dikonsumsi sebagai tataran wacana yang perlu dipikirkan untuk dilaksanakan oleh seluruh warga Samosir atau para pihak yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung.

Tidak itu saja, lomba ini diharapkan mampu meningkatkan keterampilan menulis di kalangan guru dan siswa, membangun cara berpikir kritis, jernih, dan seimbang, dan memotivasi para guru dan siswa untuk memiliki semangat lomba dengan mempersembahkan karya yang terbaik.

Berbagai ketentuan juga dijelaskan Saut Manihuruk seperti, karya tulis bersifat asli bukan ciplakan, karya tulis menggunakan bahasa Indonesia ragam jurnalistik, karya tulis belum pernah dipublikasi di media, karya tulis merupakan ide dan gagasan penulis yang dapat direalisasikan secara praktis, karya tulis ditulis dalam dua halaman folio (2.000 kata), karya tulis bersifat perorangan, naskah jurnalistik ditulis dalam tiga jenis yaitu berita (news), karangan khas (feature), dan opini (views), berita (news) harus memenuhi unsur 5W+1H, piramida terbalik, dan standar kelayakan berita dan Jika karya tulis tidak sesuai ketentuan-ketetuan di atas, panitia berhak menggugurkan peserta lomba. 

Sementara itu, jadwal pelaksanaan kegiatan mulai tanggal 15 s.d. 31 Mei 2016 dengan menyerahkan karya tulis dan dikirim ke: lombakaryatulis2016@gmail.com. Naskah sudah dikirimkan paling lambat 31 Mei 2016 pukul 21.00 Wib dan pengumuman pemenang akan diumumkan pada tanggal 3 Juni 2016. (Analisa/Fra)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Sitanggang

Sitanggang merupakan Situs Berita Online seputar Tapanuli dan sekitarnya yang menyuguhkan informasi dengan gaya tersendiri
    Facebook Comment