Pengurus Pomparan Raja Lontung Dikukuhkan di Samosir

Sitanggang Pos - Pengurus Parsadaan Pomparan Raja Lontung (PPRL) dikukuhkan di Desa Sabulan Kecamatan Sitiotio Kabupaten Samosir, Sabtu (18/08/2018).

Menjadi tonggak sejarah bagi Pomparan Raja Lontung yang akrab disebut 'Si Sia Sada Ina', keturunannya kini bersatu hati untuk membentuk sebuah wadah silaturahmi yang bernaung di Parsadaan Pomparan Raja Lontung. Dirunut dari silsilah, Raja Lontung telah ada sejak 600 tahun lalu dan kini keturunannya telah tersebar dimana-mana.

Tujuh putra Raja Lontung yaitu Toga Sinaga, Toga Situmorang, Toga Pandiangan, Toga Nainggolan, Toga Simatupang, Toga Aritonang, dan Toga Siregar. Serta dua putri (boru) yaitu Siboru Anak Pandan (menikah dengan Simamora) dan Siboru Panggabean (menikah dengan Sihombing). Keturunan dari kesembilan anak tersebut telah menandatangani prasasti Parsadaan Pomparan Raja Lontung (PPRL).

Dalam pengukuhan pengurus PPRL yang didaulat sebagai Ketua adalah Mangihut Sinaga, SH, MHum. 

Dalam kesempatan itu Ketua terpilih mendapat "bulang-bulang" dan "tungkot panaluan" kemudian beberapa pengurus mendapat restu untuk bekerja dengan baik.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga bersama Ketua DPRD Kabupaten Samosir Rismawati Simarmata dari Forkopinda dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para pengurus terpilih. 

"Warga Sabulan harus mensyukuri karena acara pengukuhan pengurus PPRL dilaksanakan di daerah ini. Perlu kami sampaikan bahwa jalan yang melewati Kecamatan Sitiotio mulai dari Harian sampai Perbatasan Kabupaten Humbanghasundutan sudah ditingkatkan statusnya dari jalan Kabupaten menjadi jalan Provinsi," ucap Rapidin.

Lebih lanjut, sejak Tahun 2019 dana yang digunakan untuk membangun jalan tersebut berasal dari dana provinsi. "Mari kita bersama bekerja khususnya dengan adanya PPRL ini agar dana dari Provinsi bisa disalurkan untuk pembangunan jalan tersebut," imbuhnya.

Menurutnya, lebih banyak dana yang tersedia di provinsi dibanding kabupaten, seperti jalan Ringroad Samosir sampai ke tele sudah ditingkatkan menjadi jalan Nasional, maka pembangunan yang sedang berlangsung saat ini sekitar 600 M menggunakan dana Pusat. 

"Mari bersama membangun Samosir ini khususnya Sabulan ini sebagai perkampungan si Raja Lontung," ajaknya.

Ketua terpilih Mangihut Sinaga menyampaikan agar PPRL ini betul bekerja tanpa ada unsur kepentingan Pribadi atau politik. 

"Kita akan bekerja dengan membangun perkampungan si Raja Lontung yang hampir 600 tahun hampir terlupakan. Kita dukung pembangunan di Samosir sebagai daerah pariwisata kita bangun infrastruktur," pungkas Mangihut.
Lebih baru Lebih lama