Yakin Ingin Beralih Dari Blogger?, Keuntungan Ini Akan Anda Lewatkan

Marco Tampan bersama Sang Putri Naomi Sitanggang si Cantik Par Tanah Lapang | dok

SITANGGANG.Net

Sudah lama juga tak buat tulisan ringan. Kali ini, ada keinginan untuk membuat sedikit artikel tentang Information technology (IT) atau Teknologi Informasi. Namun, bagaimana ya, sebelumnya saya juga minta izin dari 'rekan' level tinggi terkait IT tersebut. Sekali lagi saya hanya ingin sedikit berbagi.

Baiklah, artikel singkat ini berlatar belakang pertemuanku hari ini, Rabu (26/08) dengan seorang sahabat di suatu tempat yang membicarakan server situs berita miliknya.

Kebetulan, situs miliknya menggunakan hosting dari blogger anak dari perusahaan besar google.

"Kita ditawarkan menggunakan server dari saudara kita ini de. Bagaimana menurutmu?," ujarnya mengawali ceritanya kepadaku.

Sebagai pembuat situs berita miliknya, agak 'eneg' juga mendengarnya. Namun sebagai CEO, ia tentu punya hak untuk mengganti server atau hosting situsnya. Sebagai seorang sahabat, saya sendiri tak mampu menahan gelora hatinya menuju suasana yang lebih profesional menurut sebahagian orang.

Sedikit bercerita tentang situs berita. Ada banyak platform situs atau website di dunia internet. Ada yang berbayar, ada juga yang gratis. Beberapa platform yang sering digunakan diantaranya, Blogger, WordPress, Joomla, Drupal dan lain-lain.

Di tanah airku tercinta, Negara Indonesia sendiri, belakangan yang paling populer digunakan adalah Blogger dan WordPress. Kedua platform itu telah mendominasi berbagai jenis situs. Ada yang menjelma sebagai blog pribadi, situs berita hingga situs perusahaan.

Saya akui, platform blogger sebenarnya kalah populer dari WordPress apalagi dari sisi profesionalisme. Namun, perlu saya sampaikan, blogger saat ini mendominasi warganet karena berbagai keuntungan yang didapat, secara khusus dari sisi ekonomi dan seo situs.

Beberapa keuntungan yang akan kita bahas dan mungkin sudah banyak yang mengetahuinya diantaranya adalah:

1. Hosting Unlimited

Situs berita adalah situs yang memberikan konten secara terus menerus. Situs jenis ini adalah situs yang mewajibkan postingan secara kontiniu. Mengapa? Karena situs berita adalah situs yang dikelola dan diisi oleh orang-orang profesional dalam menyampaikan kabar kepada khalayak ramai. Dari situ, blogger sebagai platform yang memiliki hosting unlimited, pasti akan memberikan nilai yang cukup wah, karena gratis. Jadi, tak perlu khawatir tentang penyimpanan database yang menimbulkan besarnya bandwitdh lantaran trafik tinggi. Sehingga ini menjadi satu keuntungan yang terlihat jelas dari menggunakan Blogger.

2. Gratis

Bicara gratis?? Semua pasti paham tentang hal ini. Meski menggunakan hosting gratis, bukan berarti kemampuan seo milik blogger di bawah WordPress. Meski demikian, jika ingin beralih ke platform WordPress dengan menggunakan server, kita harus rela mengeluarkan biaya karena memang WordPress memiliki banyak plugin otomatis termasuk AMP atau Accelerated Mobile Page.

3. Tingkat SEO Tinggi

SEO atau Search Engine Optimization rumus dari kecintaan mesin pencari atau browsing di dunia internet. Blogger sebagai bagian dari google, tentu menjadi perhatian utama dari induknya. Platform blogger sebagai 'anak' dari google dipastikan memiliki posisi di mesin pencari terbesar di dunia itu.

4. Mudah Dioperasikan

Blogger lebih mudah digunakan dari WordPress. Alasannya, karena Blogger sendiri tidak menyediakan fitur plugin, sehingga cukup mudah digunakan. Namun tetap harus paham dengan coding, agar pemanfaatannya dapat mengimbangi platform lainnya. Kemudahan itu membuat banyak orang menggunakan blogger.

5. Masuk News Berita (Google News)

Siapa bilang blogger itu ecek-ecek? Situs berita yang dibuat dari platform blogger saat ini cukup banyak yang masuk ke Google News. Bahkan, blogger dapat menjadi bagian teratas di mesin pencari ketika menapak di google berita. Hal itu terbukti dari beberapa situs berita yang saya buat sendiri, termasuk situs SITANGGANG.Net ini. 

6. Hanya Pria Tampan dan Butuh Tantangan Penyukanya

Kalau ini, sudah pasti. Pria tampan itu, tak ingin bercabang. Lurus dan terarah, murah tapi bukan murahan, berkualitas dan membahana adalah prinsipnya. Mencak-mencak dan menggeliat adalah hasil postingan yang ditawarkan merupakan salah satu ciri khasnya. 😂

Bicara jujur, eneg dengar cerita sahabat ku itu, namun tertantang juga melihatnya tuk beralih. Tertantang ingin melihat seo dan trafik rangking situs berita miliknya ke depan. Tertantang melihat kondisi kemapanan keuangan miliknya. Tertantang melihat bagaimana nanti ketika hosting yang diriliknya merasa lapar dan meminta penambahan kuota bandwitdh. ☺☺

Tapi yang namanya sahabat, satu hal yang sangat saya sukai adalah komunikasi. Maka, tetaplah saling berinteraksi antara sahabat. Karena, engkau adalah sahabatku. Jika pun ingin memaksakan keinginan agar terlihat lebih wow, minimal sebagai sahabat saya mengetahui dan dapat melihat dan menjagamu, meski dari kejauhan. Ini cerita ku sobat, tetaplah berkarya melalui tulisan. 👍

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Marcopolo Sitanggang

Sitanggang merupakan Situs Berita Online seputar Tapanuli dan sekitarnya yang menyuguhkan informasi dengan gaya tersendiri
    Komentar