83 KK Warga Sitiotio Samosir Terima Program Bedah Rumah

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon serahkan Buku Tabungan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (Bedah Rumah) | ist
Sitanggang.net

SITIOTIO - Sebanyak 83 KK dari 4 desa di Kecamatan Sitio-tio yang terdiri dari 20 KK Desa Buntu Mauli, 23 KK Desa Parsaoran, 20 KK Desa Janji Maria, 20 KK Desa Tamba Dolok menerima Buku Tabungan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (Bedah Rumah) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Senin (16/09) bertempat di Gereja HKI Desa Parsaoran, Kecamatan Sitio-tio.

Buku tabungan diserahkan langsung oleh Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM. Turut hadir Kadis Kominfo, Plt. Kadis Sosial, Kadis Pera KPP, Kabag Humas, Sekcam Sitiotio serta perwakilan Bank Mandiri Cabang Pangururan.

Bupati Samosir menyampaikan, bantuan stimulan perumahan swadaya sebagai wujud kepedulian pemerintah dalam menyelenggarakan pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah. 

"Rumah salah satu hak dasar rakyat, setiap warga negara berhak untuk memiliki tempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat," ujar Rapidin.

Selain lanjutnya, rumah juga merupakan kebutuhan dasar manusia, rumah berfungsi meningkatkan harkat, martabat, mutu kehidupan dan penghidupan, rumah sebagai pencerminan diri pribadi dalam upaya peningkatan taraf hidup serta pembentukan watak, karakter dan kepribadian bangsa. 

Menurutnya, pembangunan perumahan dan pemukiman harus didukung oleh suatu kebijakan, strategi dan program yang komprehensif dan terpadu sehingga selain mampu memenuhi hak dasar rakyat juga akan menghasilkan suatu lingkungan perumahan dan permukiman yang sehat, serasi, harmonis, aman dan nyaman.

Bupati Samosir berharap, dengan adanya program ini dapat meringankan beban masyarakat dalam meningkatkan kualitas rumah sehingga jumlah rumah tidak layak huni dapat berkurang secara bertahap untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat demi samosir bangkit, mandiri dan sejahtera.

Sejak tahun 2015 -2018 masyarakat Kabupaten Samosir telah menerima bantuan perumahan swadya (bedah rumah) sebanyak 769 unit. 

Selanjutnya, tahun 2019 akan mendapatkan bantuan sebanyak 1.326 unit. Besar bantuan yang diterima Rp. 17. 500.000/unit, namun tidak dapat ditarik secara tunai.

Penarikan harus melalui progres kemajuan pembangunan rumah yang dituangkan dalam laporan dari masyarakat yang difasilitasi tenaga fasilitator lapangan dan koordinator fasilitator.
Lebih baru Lebih lama