Kartu Data Internet Paling Irit Antara Axis dan Smartfren

Ilustrasi
Sitanggang Pos - Samosir

Dalam dunia digital saat ini, kebutuhan internet sepertinya sudah menjadi kebutuhan yang utama. Menurut penelitian ternyata hampir 70% manusia di dunia ini menggunakan data internet. Masuk akal, sebab fakta sendiri mengungkapkan, perkembangan ponsel pintar sampai saat ini begitu pesat.

Melihat itu, berbagai provider berusaha menyajikan internet dengan kualitas tinggi namum dapat terjangkau semua kalangan dalam hal harga. 

Saat ini, saya ingin membahas dua provider kartu data internet yaitu Smartfren dan Axis. Menurut pengalamanku, masing-masing kedua kartu itu memiliki kelebihan dan kekurangan, secara khusus dalam hal internet unlimited.

1. Smartfren
Siapa yang tidak mengenal kartu ini. Untuk urusan internet, kartu ini adalah rajanya dari sisi biaya. Kita dapat menggunakan internet dengan kartu ini sepuasnya hanya dengan biaya Rp. 65ribu perbulannya. 

Dengan biaya internet seharga itu, kita diberikan batas pemakaian wajar (FUP) sebesar 1G per harinya, setelah itu, maka kecepatan internetnya akan dikurangi. Jika kita akumulasikan, tentunya kita mendapat kuota internet sebesar 30G selama sebulan. Bagaimana? Cukup murah bukan??

Internet unlimitednya juga sudah 4G dengan kecepatan yang cukup baik. Namun, sedikit kekurangannya, yaitu masalah jaringannya. Smartfren belum di semua lokasi memiliki jaringan. Saat ini, saya buat lokasinya di Samosir.

Di Samosir, Jaringan Smartfren memang sudah ada, namun beberapa titik spot di wilayah kepingan surga ini masih ada yang belum terjangkau. Seperti, di daerah Lumban Suhi Toruan, Lumban Suhi Dolok, Panampangan dan lainnya.

2. Axis
Kartu axis merupakan salah satu kartu internet yang dikenal dengan berbagai promo yang diberikan. Kartu ini juga memiliki jaringan yang cukup luas, terlebih axis sudah menjadi bagian dari XL. Biaya Internet yang diberikan juga masih tergolong murah, namun jika dibandingkan dengan Smartfren, kartu ini kalah jauh dalam hal biaya.

Misalnya saja, dalam urusan internet unlimited. Axis juga memiliki paket internet unlimited perbulan. Paket ini diharga dengan biaya Rp. 35.900/ bulan dengan FUP sebesar 1,5G.

Sepintas jika dilihat, maka kuota yang diberikan lebih besar dari kartu Smartfren. Namun ternyata FUP yang diberikan axis sebesar 1,5G tersebut untuk 1 bulan secara kseluruhan. 

Jika sudah mencapai 1,5G, maka kecepatannya akan berkurang bahkan sangat lambat. Sangat berbeda dengan smartfren yang memberikan FUP per harinya.

Hal itupun dibenarkan pihak Axis melalui costumer servicenya ketika dikonfirmasi. "Untuk internet Gaul, FUP nya 1,5Gb untuk 30 hari, bukan per hari bapak. Setelah FUP mencapai 1,5Gb, maka kecepatannya akan turun, tapi masih bisa digunakan," kata Costumer Servicenya ketika saya hubungi, Selasa (06/11/2018).

Seperti yang disebutkan tadi, kelebihan kartu ini terletak pada luasnya jaringan yang diberikan. Spot-spot axis ternyata hampir menjangkau seluruh wilayah di Samosir yang pernah saya jalani.

So, semuanya tergantung kita. Tinggal pilih mana yang kita sukai.

Oleh: Marcopolo Sitanggang
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Sitanggang

Sitanggang merupakan Situs Berita Online seputar Tapanuli dan sekitarnya yang menyuguhkan informasi dengan gaya tersendiri
    Komentar