Bupati dan Wabup Samosir Hadiri Pelaksanaan Mubes XIV 2018 PPTSB di Tugu Toga Sinaga Palipi


Sitanggang Pos - Samosir

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon dan Wakil Bupati Ir. Juang Sinaga beserta rombongan mengahadiri acara MUBES (Musyawarah Besar) Toga Sinagadi di Aula Mardame Komplek Tugu Toga Sinaga, Jum'at (19/10).

Kesempatan itu, Rapidin menyampaikan selamat dan sukses atas pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes) XIV 2018 Parsadaan Pomparan Toga Sonaga dohot Boru (PPTSB) yang digelar di Aula Mardame Komplek Tugu Toga Sinaga, Urat, Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketum PPTSB Mangihut Sinaga, S, Bupati Dairi 2019-2023 Eddy Kelleng Ate Berutu, Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga, Ketua DPRD Samosir Rismawati Simarmata, Kapolres Samosir AKBP Agus Darojat, Kajari Samosir Budi Herman, Pimpinan OPD serta Pengurus DPP, DPW dan DPC PPTSB Se-Indonesia.

Ketua Panitia Drs. Martua Sinaga, MM dalam laporannya menyampaikan Mubes XIV 2018 PPTSB akan berlangsung sejak tanggal 18 s/d 21 Oktober 2018, dengan tema "Marilah kita sehati, sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa dan satu tujuan". 

Acara yang dihadiri dari seluruh Indonesia berjumlah 331 orang dari atensi (yang mendaftar) 367 orang dari 15 wilayah, selain untuk pemilihan Pengurus baru periode selanjutnya, dalam Mubes ini akan dilaksanakan penyusunan Rencana Strategis PPTSB, perubahan nomenklatur dalam AD/ART serta memperkaya AD/ART seiring kemajuan zaman dan tuntutan organisasi modern. 

Oleh karena itu, diharapkan para peserta memberikan masukan, ide dan pemikiran demi kemajuan PPTSB. 

Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Wakil Bupati Juang Sinaga menyampaikan terimakasih dan selamat atas terlaksananya kegiatan PPTSB. "Selamat datang di Kabupaten Samosir Negeri Indah Kepingan Surga, PPTSB merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan yang sangat eksis, hal ini menggambarkan bahwa Pomparan Toga Sinaga memiliki kebersamaan dan komitmen yang luar biasa. Komitmen ini didukung oleh pengabdian yang tulus dari Ketua Umum dan pengurus PPTSB," ucap mereka.

Salah satu bukti nyata adalah pembangunan Komplek Tugu Sinaga yang menjadi salah satu objek wisata budaya di Kabupaten Samosir. Untuk mendukung PPTSB dalam mengembangkan Adat Budaya maka di tahun 2019 Pemkab Samosir akan memberikan Dana Hibah sebesar 200 Juta.

Dana tersebut di tujukan untuk membuat satu event pertunjukan budaya oleh PPTSB, yang akan diplot menjadi salah satu agenda pariwisata Horas Samosir Fiesta.

Pemerintah Kabupaten Samosir juga mengajak kepada para Pomparan PPTSA untuk bersama sama membangun dan mempromosikan Samosir agar lebih berkembang sampai mancanegara agar seluruh wisatawan tahu ke indahan Pulau Samosir Negeri Indah Kepingan Surga ini.

Ketua Umum PPTSB Mangihut Sinaga, SH, MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa organisasi PPTSB merupakan organisasi yang maju dan sangat eksis sejak didirikan terbuti dengan telah melakukan 14 kali Mubes secara terus menerus. 

"Ini menunjukkan bahwa Pompatan Toga Sinaga, Sitolu Oppu Sisia Ina, memiliki komitmen kebersamaan dan persatuan dalam membangun PPTSB," imbuhnya.

Pelaksanaan Mubes XIV, akan menjadi sejarah karena dilaksanakan di Tugu Toga Sinaga. Lebih jauh, Mangihut mengatakan Samosir sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang telah ditetapkan oleh Pemerintah pusat, menjadi salah satu perhatian dari PPTSB untuk mendukung serta bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun pariwisata Samosir. 

"PPTSB siap membantu dan mendukung Pemkab Samosir untuk melestarikan budaya untuk peningkatan pariwisata di Kabupaten Samosir," tandasnya.

Lihat Videonya:


Editor: Marco
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Sitanggang

Sitanggang merupakan Situs Berita Online seputar Tapanuli dan sekitarnya yang menyuguhkan informasi dengan gaya tersendiri
    Komentar