Selain Danau Toba, Ini 3 Danau Unik Lainnya Di Samosir

Danau Aek Natonang | net
Sitanggang Pos - Samosir

Umumnya wisawatan mancanegara atau domestik datang berkunjung ke Pulau Samosir adalah untuk menikmati pemandangan dan keindahan Danau Toba. Hal itu karena Danau Toba memiliki daya tarik dan keindahan tersendiri dalamnya.

Namun selain Danau Toba, ternyata terdapat 3 (tiga) danau lainnya di Samosir yang tidak kalah menariknya dengan Danau Toba. Bahkan ketiga danau tersebut memiliki sejarah dan kisah-kisah unik.

1. Danau Sidihoni

Jika mendengar nama ini, pasti sudah mengenal Danau ini. Danau Sidihoni terletak di Desa Sabungan Ni Huta Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir. Menurut warga sekitar, Danau dengan luas sekitar 5 Ha ini memilikilubang menganga dengan aliran sungai di bawah perut bumi samosirdengan panjang sampai ke Tomok Kecamatan Simanindo.

2. Danau Aek Na Tonang

Danau Aek Natonang merupakan salah satu danau di atas danau. Danau ini terletak di Desa Tanjungan Kecamatan Simanindo dengan luas mencapai kurang lebih 5Ha. 

3. Danau Silengge

Danau Silengge berada di Desa Hutatinggi Kecamatan Pangururan. Danau Silengge memiliki kisah yang memilukan. Dahulu kala di danau ini pernahtenggelam 6 orang perempuan kakak beradik bermarga Sitanggang. Ke enam perempuan itu pun dianggap meninggal dunia karena tertelan danau hingga ke dasar, meski mayatnya tidak ditemukan. 


Ke 3 Danau tersebut adalah danau selain danau toba di Pulau Samosir dan hingga saat ini masih dianggap sebagai tempat sakral.

Oleh: Minda
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Sitanggang

Sitanggang merupakan Situs Berita Online seputar Tapanuli dan sekitarnya yang menyuguhkan informasi dengan gaya tersendiri
    Facebook Comment