Pemkab Samosir Deklarasikan Penggunaan Bright Gas 5,5 Kg

Sitanggang.net - Samosir

Pemerintah Kabupaten Samosir bekerjasama dengan Pertamina Wilayah Regional 1 deklarasikan penggunaan Brightgas 5,5 kg untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Samosir, Jumat (16/12/2016) di Halaman Kantor Bupati Samosir. Acara itu dibuka secara resmi oleh Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM.
Acara Deklarasi di halaman Kantor Bupati Samosir | Foto: Helbos


Bupati menyampaikan, melalui deklarasi yang dilaksanakan, berharap seluruh pegawai ASN yang bekerja dilingkungan Pemerintah Kabupaten Samosir, tidak lagi menggunakan gas subsidi 3 kg yang ditujukan untuk masyarakat yang tidak mampu.

"ASN harus menjadi contoh terdepan pelaksana kebijakan-kebijakan pemerintah, termasuk dengan menggunakan Bright Gas yang tidak disubsidi oleh pemerintah. Karena subsidi ditujukan untuk masyarakat tidak mampu,” tegas Bupati dalam sambutannya.

Penegasan itu juga disampaikan melalui surat edaran Bupati Samosir No. 500/3982/EKON/XII/2016 tentang peralihan penggunaan Liquefied Petroleum Gas (LPG) Non Subsidi (Bright Gas) untuk ASN dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Samosir.

Surat edaran yang dilayangkan mengacu pada Peraturan Menteri ESDM RI Nomor 26 Tahun 2019 tentang penyediaan dan pendistribusian LPG Bav IV tentang pengguna LPG pada pasal 20, bahwa konsumen LPG terbagi menjadi dua kategori, yakni pengguna LPG umum (Non Subsidi) dan pengguna LPG tertentu (Bersubsidi dalam kemasan 3 kg). Dimana LPG bersubsidi hanya diperuntukkan untuk masyarakat miskin dan usaha mikro sesuai yang tertera pada tabung.

Acara deklarasi itu dihadiri langsung oleh General Manager Pertamina regional 1 wilayah Sumatera bagian Utara Romulo Hutapea, Manager operasional region 1 Medan Sasongko, serta sales eksekutif Pertamina Anggowo Bijaksono.

Pada kesempatan itu, Romulo menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Samosir yang telah mendukung program itu. “Terimakasih kepada Bapak Bupati yang telah menginisisasi agar ASN Pemkab Samosir agar ikut serta menggunakan Bright Gas," kata Romulo.

Dengan demikian kata Romulo, Pemerintah Kabupaten Samosir menjadi daerah ke-16 dari seluruh pemerintah daerah yang ada di Indonesia yang menggunakan Bright Gas.

Di acara deklarasi, Pertamina membagikan 10 tabung Bright Gas berisi secara gratis. Dan seusai acara, pegawai Pemerintah Kabupten Samosir dapat menukarkan 2 buah tabung gas yang kosong dengan 1 buah tabung Bright Gas 5,5 kg berisi pada stand pertamina yang ada di lokasi acara.

Acara deklarasi turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Samosir Rismawati Simarmata, Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir Tombor Simbolon, para Asisten, pimpinan SKPD, dan pegawai dilingkungan Pemerintah Kabupaten Samosir. 

Oleh: Helbos
loading...
Share on Google Plus

Tentang Gaya Malau

Sitanggang merupakan Situs Berita Online seputar Tapanuli dan sekitarnya yang menyuguhkan informasi dengan gaya tersendiri
    Facebook Comment