Generasi Terakhir Pendiri Israel Tutup Usia

Shimon Peres | Net
Sitanggang.net

Shimon Peres, mantan presiden dan juga pernah menjabat sebagai perdana menteri Israel meninggal dunia pada usia 93 tahun di rumah sakit di dekat Tel Aviv, Rabu (28/09).

Shimon Peres Peres dua kali menjabat sebagai perdana menteri Israel dan merupakan tokoh terakhir sebagai generasi politisi Israel yang terlibat dalam kelahiran bangsa baru ini pada tahun 1948.

Kondisi kesehatan Shimon Peres Peres dalam waktu terakhir ini memang mengalami gangguan serius. Dia mengalami serangan stroke dan gangguan jantung pada Januari lalu.

Dalam negosiasi perjanjian perdamaian dengan Palestina yang menghasilkan Perjanjian Oslo tahun 1993, Peres meraih hadiah Nobel Perdamaian satu tahun kemudian bersama mendiang pemimpin Palestina Yasser Arafat dan PM Israel Yithzak Rabin yang dibunuh ekstrimis Yahudi.

Pada masa akhir hidupnya, Peres tetap sibuk dalam berbagai kegiatan publik, sebagian besar melalui lembaga non pemerintah Peres Center for Peace, yang terus mempromosikan hubungan yang erat antara Palestina dengan Israel.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Sitanggang

Sitanggang merupakan Situs Berita Online seputar Tapanuli dan sekitarnya yang menyuguhkan informasi dengan gaya tersendiri
    Facebook Comment