Hubungan Alam, Budaya Melayu dengan Harimau Belang

Sitanggang.net

Dalam budaya masyarakat Melayu, Harimau secara khusus Harimau Belang merupakan sebuah lambing sekaligus memiliki keistimewaan dalam berbagai aspek kehidupan. Selain itu dalam dalam alam melayu, harimau dianggap sebagai hewan yang berkharisma.

Harimau dikagumi karena keindahan namun juga ditakuti karena garang dan buas, sehingga dalam sosial budaya, Harimau didaulat sebagai simbol kekuatan dan kekuasaan.

Bahkan Tim Sepak Bola Negara Malaysia sendiri memiliki lambang bergambarkan harimau yang menunjukkan sebagai kekuatan Negara.

Selain itu, hal-hal ghaib, mistik dan misteri juga erat kaitannya dengan Harimau, seperti sering kita mendengar istilah Harimau jadi-jadian, Harimau Keramat dan Saka Harimau. Kemudian ilmu silat juga sering menggunakan jurus-jurus harimau dalam sebuah pertarungan.

Pada zaman dahulu, kekuatan harimau sering digunakan dalam menghadapi bahaya, dan juga untuk sekedar melindungi keluarga dari berbagai ancaman.

Jika dilihat dari sisi kesehatan dan sudut obat-obat tradisonal, organ-organ tubuh Harimau dianggap memiliki khasiat dalam penyembuhan penyakit, sehingga dahulu harimau sering diburu untuk mendapatkan organ tubuhnya disamping mengambil kulitnya yang bernilai sangat tinggi.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Sitanggang

Sitanggang merupakan Situs Berita Online seputar Tapanuli dan sekitarnya yang menyuguhkan informasi dengan gaya tersendiri
    Facebook Comment