Mahasiswa KKN UINSU dan UNIMED Gelar A-JOS di Pangururan Samosir, Camat: Program Menata Hati

Mahasiswa usai melakukan A-JoS

SITANGGANG.net

Mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Pasar Pangururan Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir melakukan A-JOS atau dikenal Aksi Jomput Sampah (kutip sampah) di Tanah Lapang Pangururan, Senin Sore (25/07).

Pantauan wartawan, puluhan mahasiswa dan mahasiswi tersebut terlihat semangat dan juga berbaur dengan warga setempat saat melakukan aksi tersebut.

"Mereka berasal dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dan Universitas Negeri Medan. Jumlahnya ada 33 orang," kata Lurah Pasar Pangururan Tiodora Manalu ketika dikonfirmasi wartawan di lokasi.

Disebutkan, 33 jumlah mahasiwa yang KKN di wilayah Pasar Pangururan, sebanyak 14 orang dari UINSU dan 19 orang dari Unimed.

"Kita sangat senang, mereka ramah dan punya semangat. Selain itu, para mahasiwa juga cepat berbaur dengan warga sekitar. Kita dari kelurahan memberikan apresiasi," ujar Tiodora.

Sementara itu, Camat Pangururan Robintang E. Naibaho mengatakan aksi Jomput Sampah atau dikenal dengan istilah A-JOS salah satu turunan dari program utama Kecamatan Pangururan, yaitu Program Menata Dengan Hati.

"Kegiatan sederhana Ini adalah salah satu kampanye kebersihan yang menitik beratkan peran serta masyarakat baik perorangan, komunitas, kelompok marga, gereja, forum anak, mahasiswa dan bahkan para pengunjung. Kita berpandangan, bahwa menata dan menjaga serta melestarikan lingkungan tidak hanya tugas pemerintah, saatnya masyarakat ambil peran," kata Robintang.

Mantan Kabid Pariwisata ini juga menyampaikan, semangat dari A-JOS adalah 'an hour for nature's goodness, (satu jam untuk kebaikan alam).

"Tidak perlu biaya atau modal atau tenaga besar atau waktu yang lama untuk berkontribusi untuk pembangunan dan kemajuan Samosir. Cukup bergerak dari hati, sisahkan waktumu 1 jam, sambil jalan sore dan pungut (Jopput) sampahmu, dan akan berdampak besar bagi kemajuan Samosir," ujarnya.

A-JoS, Robintang melanjutkan, telah dilaksanakan di desa desa se-Kecamatan Pangururan. Sebelumnya kata dia, telah dilaksanakan oleh Karang Taruna desa, Forum Anak Desa, Para mahasiswa KKN baik dari UGM, UINSU dan UNIMED

"Dan ke depan sudah ada punguan marga dan gereja merancang A-JoS di Desa masing masing. Kita mengapresiasi mereka yang dengan senang hati melaksanakan kegiatan sederhana Ini," tuturnya.

Masih di lokasi, salah seorang mahasiwi mengaku senang dan gembira melakukan A-JoS di tempat mereka KKN. Menurutnya, bukan hanya soal ilmu pendidikan, namun juga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Selain menerapkan ilmu dari kampus, kami juga ingin berbaur dengan masyarakat dan lebih mengenal daerah Samosir ini. Cukup indah, dan warganya juga ramah," kata seorang Mahasiswi kepada wartawan.

Dikatakan, para Mahasiswa akan melaksanakan KKN selama kurang lebih satu bulan. "UINSU sampai tanggal 18 Agustus, dan UNIMED sampai tanggal 20 Agustus," ungkapnya.

Sumber: Kabar Center
Lebih baru Lebih lama