Besok Festival Gondang Naposo Akan Digelar di Tugu Toga Sinaga Samosir

Sitanggang.net

Sesuai dengan Agenda Kepariwisataan Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kabupaten Samosir mengawali rangkaian Horas Samosir Fiesta dengan menggelar Festival Gondang Naposo tanggal 6-7 Mei 2016.

Festifal Gondang Naposo dilaksanakan di Komplek Tugu Toga Sinaga Desa Urat II Kecamatan Palipi dan akan dibuka secara resmi oleh Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon,MM yang diawali dengan simulasi Tonggo Raja sebagai lambang Doa restu orang tua/tokoh adat kepada peserta Gondang Naposo.

Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kabupaten Samosir Drs. Ombang Siboro,M.Si menjelaskan bahwa event ini bertujuan untuk menggali, melestarikan dan membudayakan Tortor sebagai warisan leluhur Suku Batak Toba sekaligus sebagai wadah hiburan bagi para turis yang berwisata ke Kabupaten Samosir. 

Disamping itu bahwa agenda kepariwisataan ini juga sebagai bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Samosir untuk mewujudkan kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Prioritas sesuai dengan Misi Pemerintah Republik Indonesia.

Event Gondang Naposo tahun 2016 diikuti 20 tim (11 Tim dari Kab. Samosir dan 9 Tim dari luar antara lain Kab. Dairi 1 tim; Kota Medan 2 tim; Kab. Tapanuli Utara 2 tim; Kab. Tobasa 2 tim; Kab. Simalungun 1 tim dan Kota Pematang Siantar 1 tim).

Setelah event Godang Naposo, Pemerintah Kabupaten Samosir akan menyelenggarakan event lainnya yaitu: Pesta Gotilon, 18 Juni 2016 di Desa Sarimarihit Kecamatan Sianjur Mula-mula; Samosir Band Festival, 22 Agustus 2016 di Pantai Indah Situngkir; Samosir Musik Internasional, 27 Agustus 2016 di Open Stage Tuktuk Siadong; Samosir Lake Toba Ultra Marathon, 17-18 September 2016 di Pangururan; dan Sianjur Mula-mula; Horja Bius, 14-15 Oktober 2016 di Desa Tomok.
Lebih baru Lebih lama