Ternyata Setting APN Jaringan Itu Penting, Ini Caranya


Screenshoot | Tangkapan Layar

SITANGGANG.net

APN atau Access Point Name adalah protokol jaringan dalam sebuah ponsel atau perangkat lainnya yang sangat penting. Meski banyak yang tak terlalu memperdulikan 3 huruf tersebut karena rerata pengguna jaringan hanya berkutat pada jaringan standart.

Perlu diketahui, bahwa APN merupakan legalitas sebuah jaringan yang sangat penting. Memang benar, APN standart atau otomatis pasti diaminkan provider, namun kecepatan dan stabilitas APN tersebut belum tentu akan terus berjalan normal, karena terkadang protokolnya dapat terganggu. Untuk itu sangat diperlukan 'jalan' lain yang dapat menstabilkan atau memuluskan perjalanan internet.

APN sendiri sejatinya adalah gateway yang dipakai untuk mengidentifikasi sebuah jaringan penghubung ponsel atau perangkat lain ke internet. Singkatnya APN adalah jembatan penghubung antara ponsel dengan operator penyedia jaringan internet dalam menyalurkan paket data.

Seperti yang saya alami sendiri. Selama ini APN yang saya gunakan selalu menggunakan APN standar bawaan dari provider itu sendiri. Namun ternyata, beberapa kali terjadi gangguan bahkan jaringan terputus, sehingga beberapa tugas yang saya kerjakan menjadi terkendala.

Dengan pengalaman tersebut, saya sendiri mencoba melakukan pengaturan APN secara manual agar terhindar dari jaringan yang terkadang 'ngedat' atau terhenti.

Setiap provider memiliki pengaturan masing-masing, baik XL, AXIS, Three, Indosat, Telkomsel dan yang lainnya.

Untuk saat ini saya akan coba jelaskan APN yang saya coba sendiri dengan hasil yang cukup memuaskan untuk provider Telkomsel.

Caranya cukup mudah. Pertama, buka pengaturan kemudian koneksi dan buka jaringan seluler. Setelah itu buka 'Nama Poin Akses', lalu tambah dan buat pengaturannya seperti pada gambar di atas.

Harus diingat, yang perlu diubah atau dibuat adalah hanya pada baris Nama dan APN. Keduanya silahkan diisikan dengan internet, sementara untuk yang lainnya dibiarkan default atau tidak perlu diganti. Sebagaimana yang saya rasakan, jaringan semakin stabil dan lancar. Selamat mencoba..

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Marcopolo Sitanggang

Sitanggang merupakan Situs Berita Online seputar Tapanuli dan sekitarnya yang menyuguhkan informasi dengan gaya tersendiri
    Komentar