Bahas RKPD 2021, Pemkab Samosir Targetkan Pembangunan Pompa Air

Rapat pembahasan RKPD Samosir, Kamis (06/02/2020) | ist
SITANGGANG.net

Pemkab Samosir melalui Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM membahas Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021 bersama pimpinan OPD dan berbagai Stakeholder lainnya di Aula Kantor Bupati Samosir, Kamis (6/02).

Turut hadir Sekretaris Daerah Jabiat Sagala, Asisten adiministrasi umum Lemen Manurung, Kepala BPS Kabupaten Samosir.

RKPD 2021 mengambil tema "Pembangunan SDM, Pemantapan Pariwisata dan Pertanian untuk pertumbuhan ekonomi yang berkwalitas".

"Pembahasan RKPD merupakan tahapan awal dan harus menjadi rancangan dan rumusan prioritas pembangunan daerah dengan Mengacu indikator kinerja utama. Untuk itu SKP agar menyusun dengan baik" ucap Rapidin Simbolon.

Rapidin menambahkan, dalam penyusunan RKPD 2021 diperlukan integrasi sistim perencanaan. Untuk itu katanya, OPD diharapkan dapat memberikan argumentasi dengan mengacu pada indikator kinerja program dan memberikan manfaat kepada masyarakat luas. 

"Apa yang kita programkan harus mempunyai efek multi ganda yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucap Rapidin.

Antar OPD lanjut Rapidin, agar menjalin koordinasi sehingga hasil perencanaan yang dihasilkan saling mendukung dan sesuai dengan visi Kabupaten Samosir. Program pembangunan 2021 juga harus Simetris dengan pemerintah propinsi dan pusat.

Menurutnya, melalui pariwisata dan pertanian diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Samosir. 

Semetara untuk pertanian, Bupati Samosir menargetkan pembangunan pompa air untuk irigasi pertanian dalam mengatasi musim yang tidak menentu. "Kedepan diharapkan bahan pangan untuk perhotelan dapat dipenuhi dari kelompok bangkit," sebutnya.
Lebih baru Lebih lama