Netizen Warnai Hari Lahirnya Pancasila

Sitanggang Pos - Samosir

Hari lahirnya Pancasila yang jatuh pada hari ini, Kamis (01/06/2017) menjadi viral di Media-Media sosial. Pasalnya Nitizen memposting "rasa" patriotisme mereka di dinding media sosial mereka.

"Saya Indonesia, Saya Pancasila," tulis seorang netizen dengan melampirkan gambar bernuansa merah putih. Selain itu, banyak juga netizen mengucapkan selamat Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 1945. "Selamat Hari Lahirnya Pancasila, MERDEKA!!" tulis Nitizen yang lain.

Namun meski demikian, apakah kita tahu mengapa 1 Juni menjadi hari lahirnya Pancasila?

Informasi yang dihimpun sitanggang.net dari berbagai sumber, penetapan hari lahirnya Pancasila berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. "Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni," demikian bunyinya.

Menurut Perpres itu, penetapan hari lahir Pancasila berdasarkan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 29 Mei-1 Juni 1945. Pada waktu itu terdapat 3 orang tokoh yang memaparkan tentang dasar negara yakni Muhammad Yamin, Soepomo, dan juga Sukarno.

Pancasila kemudian dikenal ketika Sukarno membacakan pidatonya pada tanggal 1 Juni 1945. Proses selanjutnya yakni menjadi Piagam Jakarta (Jakarta Charter) pada 22 Juni 1945 dan juga penetapan Undang-undang Dasar disertai dengan finalisasi Pancasila pada 18 Agustus 1945.

"Bahwa rumusan Pancasila sejak tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir Sukarno, rumusan Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 hingga rumusan final tanggal 18 Agustus 1945 adalah satu kesatuan proses lahirnya Pancasila sebagai Dasar Negara," seperti dikutip Sitanggang dari perpres tersebut, Kamis (01/06/2017).

Oleh: Jenri Sitanggang
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Sitanggang

Sitanggang merupakan Situs Berita Online seputar Tapanuli dan sekitarnya yang menyuguhkan informasi dengan gaya tersendiri
    Facebook Comment