Bidan "Lama" di Daerah Ini Akan Diperjuangkan Jadi PNS

Ilustrasi
Sitanggang Pos  - Cirebon

Bidan Desa yang sudah lama bekerja dan mengabdi untuk masyarakat di Kabupaten Cirebon kabarnya akan diperjuangkan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra.

"Saya selaku bupati akan memperjuangkan 21 bidan desa itu. Jangan dilihat SK diberikan pada saat mereka berumur 35 tahun, tapi lihat masa bakti mereka sejak menjadi honorer, dan saya akan perjuangkan," kata Sanjaya Rabu (26/04/2017) pada acara Forum Publik 'Menguatkan Peranana Bidan Desa Dalam Strategi Ketahanan Nasional Dengan Optimalisasi Rumah Desa Sehat' di salah satu hotel di Kabupaten Cirebon.

Sunjaya menyebutkan, hingga kini sudah ada 142 bidan desa yang mendapat SK CPNS. Sementara 21 bidan desa lainnya terhalang aturan karena sudah berumur di atas 35 tahun.

Untuk jumlah bidan kata dia, sudah sangat mencukupi di Kabupaten Cirebon. Bahkan beberapa desa sudah memiliki lebih dari satu orang bidan yang disesuaikan dengan luas wilayah dan jumlah penduduk yang ada.

Sementara, Antropolog sekaligus tokoh perempuan Indonesia, Nurmala Kartini Sjahrir, mengaku prihatin dengan kondisi para 'pahlawan' kesehatan desa tersebut. Pasalnya di tengah segudang pekerjaan, mereka masih harus berjuang untuk kesejahteraannya sendiri.

"Mereka selama 11 hingga 15 tahun memperjuangkan haknya (menjadi PNS). Daya juangnya sungguh luar biasa," katanya.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Sitanggang

Sitanggang merupakan Situs Berita Online seputar Tapanuli dan sekitarnya yang menyuguhkan informasi dengan gaya tersendiri
    Facebook Comment