LSM CIN Bina Kelompok Tani Turiang Gabe Boni di Sipira Samosir

Pengurur LSM CIN Samosir bersama anggota Kelompok Tani Turian Gabe Boni
Sitanggang.net - Samosir

LSM Cahaya Independent Nusantara (CIN) berikan pembinaan kepada Kelompok Tani Turian Gabe Boni, Kamis (11/08/2016) lalu di Sipira Kecamatan Onan Runggu Kabupaten Samosir sekitar pukul 14.00 Wib.

Lembaga itu didaulat sebagai lembaga untuk memberikan pembinaan berawal dari komunikasi antara Ketua Kelompok Tani Turiang Gabe Boni Naek Lumban Tungkup dengan ketua LSM CIN Hotman Siagian beberapa waktu lalu demi kemajuan kelompok tani yang dipimpinya. Dari komunikasi tersebut, Pihak LSM CIN kemudian mengundang Petugas UPTD Pertanian Kecamatan Onan Runggu Jinno Simarmata sebagai nara sumber. 

Dalam arahannya, Hotman Siagian meminta Kelompok Tani tetap mengedepankan kesejahteraan para anggotanya. "Ketika kelompok mendapat bantuan, maka kepentingan anggota dan warga harus diperhatikan," kata Hotman.

Lebih lanjut, Hotman juga meminta supaya anggota kelompok tani tidak melakukan pembakara ketika membuka lahan. "Jangan membakar lahan, apalagi hutan, akan bertentangan dengan hukum, terlebih juga akan merugikan kita semua," ucapnya tegas.

Menurutnya membuka lahan dengan cara membakar lahan Hutan akan berakibat dikenakan sanksi hukum yang tuntutannya mencapai acaman 5 hingga dengan 7 tahun menurut pasal 78 (4), pasal 50 (3) UU. RI No.41 tahun 99 tentang kehutanan dan pasal 187 dari KUHPidana.

Dalam kesempatan itu turut hadir Sekretaris Umum  DPP Nanang Simatupang SP.d, Bendahara Umum DPP Maju Simbolon, Kordinator pengembang Lembaga DPP Manahan Naibaho, Kepala Desa Pahala Hutabalian dan anggota Kelompok Tani Turianh Gabe Boni. (Suryono Siringoringo)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Sitanggang

Sitanggang merupakan Situs Berita Online seputar Tapanuli dan sekitarnya yang menyuguhkan informasi dengan gaya tersendiri
    Facebook Comment