Ratusan Masyarakat Samosir Ikuti Sosialisasi Akta Lahir Dan Akta Kawin Gratis

Warga antusias mengurus akte lahir di Aula Kantor Camat Pangururan | Foto: Helbos Sitanggang
Sitanggang.net - Samosir

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Samosir, kembali melakukan sosialisasi sekaligus jemput berkas pengurusan atau penerbitan akta kelahiran dan akta kawin gratis di kantor Camat Pangururan, Selasa (07/06/2016) dan dihadiri ratusan masyarakat yang ada di Kecamatan Pangururan.

Salah satu warga Desa Pardugul Indra AF Simanjorang (31) kepada Wartawan mengatakan, mereka telah hadir di kantor Camat Pangururan sejak pagi untuk mengikuti sosialisasi, sekaligus untuk mengurus akta kawin dan kelahiran anaknya.

"Kami sejak pagi sudah hadir di kantor ini untuk mengikuti sosialisasi pengurusan akta kelahiran dan akta kawin gratis dari Dukcapil Samosir. Dan sampai saat ini masih melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan," ujar Indra Simanjorang.

Dia juga menambahkan, akta kelahiran dan akta kawin yang mereka urus, tidak selesai hari ini. Karena berkas-berkas yang telah disampaikan ke petugas Dukcapil, akan dibawa dan diterbitkan di kantor Dukcapil.

Menurut keterangan salah satu petugas Disdukcapil Samosir Juliarti Elfrida kepada Wartawan, berkas akta kelahiran dan akta kawin masyarakat yang sudah diterima hari ini, diperkirakan selesai paling lambat dua minggu.

"Bagi masyarakat yang mengurus langsung ke kantor Dukcapil, asal berkasnya lengkap, maka akta yang diurus akan terbit hari itu juga. Tapi berkas yang kita kumpulan hari ini, diperkirakan selesai paling lambat dua minggu," tutur Juliarti.

Pantauan Wartawan, Sosialisasi yang berlangsung sejak pukul 08.00 wib itu, diperkirakan akan berlangsung hingga sore hari, karena ratusan masyarakat masih mengantri untuk pemberkasan akta kelahiran dan akta kawin.

Sebelumnya, sosialisasi yang sama juga telah berlangsung di kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, tepatnya pada hari, Kamis (02/06/2016) lalu.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Sitanggang

Sitanggang merupakan Situs Berita Online seputar Tapanuli dan sekitarnya yang menyuguhkan informasi dengan gaya tersendiri
    Facebook Comment