Guru Besar Spesialis Tanah IPB Tutup Usia

Foto: Marcopolo Sitanggang | Sitanggang.net
Sitanggang.net

Prof Dr Ir Achmad Memed Satari yang juga Mantan rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) meninggal dunia di usia 83 tahun Senin, 4 April 2016, pukul 21.46 WIB di Rumah Sakit Fatmawati

"Segenap civitas akademika IPB menyatakan rasa duka yang mendalam. Semoga amal ibadah almarhum diterima oleh  Allah SWT, diampuni dosa-dosanya dan ditempatkan di sebaik-baiknya tempat disisi Allah SWT," ucap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Keahasiswaan, Prof Dr Yonny Kusmaryono, MSc dikutip dari antara (05/04/2016).

Yonny menyebutkan,  semasa hidupnya Almarhum Prof Satari merupakan Guru Besar yang sangat disegani. Selain itu beliau juga rektor yang memiliki integritas serta mempunyai jiwa kepemimpinan yang tinggi. 

"Beliau merupakan Bapak dan Guru  yang sangat dihormati. Beliau juga mendukung dan mengayomi gerakan-gerakan mahasiswa pada saat itu,” lanjut Yonny. Hari ini, Selasa (5/4/2016) jenazah akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Bandung.

Prof Dr Ir Achmad Memed Satari lahir pada tanggal 13 Maret 1933. Mendapat gelar Insinyur Jurusan Kehutanan UI pada tahun 1958 kemudian menjadi Master of Forestry dari Oregon State University pada  1961 dan PhD dibidang Soil Science dari Michigan State University pada 1967.

Beliau kemudian didaulat menjadi Guru Besar dibidang ilmu tanah Fakultas Pertanian IPB pada tahun 1970. Beliau juga menjabat sebagai rektor IPB selama 8 tahun sejak tahun 1970 hingga 1978.
Lebih baru Lebih lama