Benarkah Virus Corona Telah Sampai ke Indonesia? Ini Kata Menkes

Ilustrasi molekul virus | sumber foto: pixabay
SITANGGANG.net

Virus corona saat ini menjadi perhatian dunia. Virus yang melanda kota Wuhan itu menjadi fokus pembicaraan. Bahkan ada yang bertanya apakah kasus virus tersebut telah sampai ke Indonesia.

Melansir viva, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan belum ada ditemukan satu pun kasus virus corona di Indonesia.

"Enggak ada yang di-suspect (dicurigai) terkesan virus corona," ujar Terawan kepada wartawan usai mengikuti acara Ramah Tamah & Silaturahmi di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Minggu, 26 Januari 2020, siang tadi.

Meski demikian, pemerintah katanya sudah siap menghadapi dan mengantisipasi segala kemungkinan tentang ancaman virus corona.

"Sudah siap semua. KKP (kantor kesehatan pelabuhan), sudah siap semua," katanya.

Terawan juga menegaskan jika virus corona sama sekali tidak berhubungan dengan hewan kelelawar. "Tidak ada. Hoax itu. Dikaitkan dengan kelelawar segala. Tidak ada itu," katanya.

Usai mendapat jamuan di Baruga Andi Pangeran Pettarani, Universitas Hasanuddin, Terawan langsung melanjutkan kunjungan kerja ke Manado, Sulawesi Utara, daerah yang santer diisukan menyebarnya virus corona.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Makassar, Naysiah Tun Azikin, membantah isu yang berkembang dan menyebut Rumah Sakit Wahidin sedang menerima pasien yang tertular virus corona.

Memang lanjut Naysiah, ada pasien ke Rumah Sakit Wahidin, Sabtu kemarin, dan memeriksakan diri, karena khawatir tertular virus corona, sebab baru pulang kunjungan dari China.

"Setelah petugas rumah sakit melakukan pemeriksaan, ternyata bukan (virus corona). Pasien ini hanya terkena ISPA (inpeksi saluran pernapasan)," sebutnya. (Vv)

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Marcopolo Sitanggang

Sitanggang merupakan Situs Berita Online seputar Tapanuli dan sekitarnya yang menyuguhkan informasi dengan gaya tersendiri
    Komentar